Manfaat akar alang alang untuk kesehatan

Manfaat akar alang alang untuk kesehatan - Beragam kandungan kimia baik pada alang-alang membuahkan rasa sejuk seperti yang dirasa pada faedah ketimun maupun faedah semangka. Kandungan-kandungannya membuat sejenis antipiretik yang bisa turunkan panas. Diluar itu mempunyai karakter diuretic yang meluruhkan kemih serta bisa menyingkirkan rasa haus. Karakter bahan kiianya yang menyejukkan bikin alang-alang jadikan bahan pembuatan minuman pereda panas dalam dalam paket.

Manfaat akar alang alang untuk kesehatan

Manfaat akar alang alang untuk kesehatan

1. Meredakan Panas Dalam

Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya. Caranya :
  • Cuci umbi akar alang-alang terlebih dulu sampai bersih
  • Jemur di bawah panas matahari atau di oven sampai kering
  • Bila sudah kering tumbuk umbi akar tersebut hingga menjadi bubuk
  • Bubuk alang-alang bisa disedu dengan air panas dan dinikmati dengan tambahan manfaat madu secukupnya sebagai perasa.
2. Mengatasi Sakit Ginjal

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal. Seperti yang sudah diketahui sakit ginjal jika tidak segera diobati dengan benar bisa menyebabkan komplikasi. Caranya :
  • Siapkan 120 gram akar alang-alang segar
  • Cuci bersih akar tersebut lalu rebus dalam 3 gelas air
  • Biarkan sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas saja
  • Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore
Tanda-tanda pada tanamannya adalah rumput memanjang serta tumbuh merumcing ke atas pada ujungnya ada bunga alang-alangnya. Rumpunan alang-alang umumnya ada pada sekitaran tanaman dengan kelapangan tanah yang segera memperoleh matahari. Alang-alang yang membuat rumpun kerap dibakar petani tetapi hal semacam ini akan tidak mematikan alang-alang lantaran akarnya terus dapat menumbuhkan alang-alang kembali. Perkembangan tanaman alang-alang relatif cepat lantaran perkembangbiakan vegetatif serta generatif yang simpel. 

Tanaman alang-alang memiliki kandungan unsur kimia alami seperti glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, serta taninin. Kandungan itu ada di bagian batang, akar serta bunganya yang kerap jadikan alternatif penyembuhan tradisional.

Untuk pengobatan masalah ginjal baik pria dan wanita kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi produk green world info selengkapnya silahkan klik kidney care man

Artikel Terkait

Manfaat akar alang alang untuk kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email