10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut - Teh hijau sangat populer di Cina dan sering digunakan untuk pengobatan selama berabad-abad untuk mengobati segala sesuatu dari sakit kepala sampai depresi. Saat ini, banyak orang dari berbagai belahan dunia mengkonsumsi teh hijau karena banyaknya manfaat untuk kesehatan.
Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan yang tinggi serta enzim, asam amino, dan phytochemical seperti polifenol. Kandungan di dalam teh hijau juga terdapat vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium dan kafein.

Baca juga: Obat herbal benjolan di payudara

Selain manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, teh hijau juga memiliki beberapa manfaat untuk perawatan kulit dan rambut. salahsatunya adalah untuk meningkatkan kecantikan kulit, Caranya adalah dengan menggunakan teh hijau sebagai masker kecantikan. atau bisa dengan meminum teh hijau setiap hari.

Berikut 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut 

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teh hijau dapat meningkatkan warna kulit dan membuat kulit sehat tetap sehat. hal ini karena kandungan teh hijau mampu membantu flush racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, dan mengurangi peradangan di kulit. Bahkan bisa juga meningkatkan elastisitas kulit.

Sebuah studi 2003 oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa peremajaan kulit dapat di bantu oleh teh hijau. Hal ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka.

Mengurangi Puffy Mata atau Mata Panda

Antioksidan dan zat tanin dalam teh hijau dapat membantu mengobati mata bengkak serta lingkaran hitam di area mata. Kandungan tersebut membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata. sehingga pembengkakan atau lebam akan menghilang. Selain itu, vitamin K dalam teh hijau juga membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Manfaat antioksidan pada teh hijau memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kerutan.

Polifenol dalam teh hijau juga membantu menetralisir radikal bebas berbahaya, yang dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit dan mempercepat proses penuaan.

Baca juga: Obat herbal QnC Jelly Gamat

Membantu Mengatasi Jerawat

Katekin dalam teh hijau adalah agen antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin bahkan membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab utama jerawat.

Selain itu, kandungan anti-inflamasi dari teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekul intraseluler dan menghambat p. bakteri acnes.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Teh hijau mengandung jumlah antioksidan yang tinggi yang bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Katekin di dalamnya memiliki 5-alpha-reductase menghambat properti yang membantu blok DHT (dihidrotestosteron), salah satu penyebab utama rambut rontok.

Kandungan teh hijau tersebut bahkan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut baru dan mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan ketombe.

Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association Nasional menemukan bahwa polifenol dalam teh hijau membantu mencegah rambut rontok.

Melindungi Kulit dari sinar Matahari

Teh hijau bahkan dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya (UV) sinar matahari. Asam tannic, theobromine dan polifenol dalam teh hijau dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dengan menetralkan kerusakan dari paparan sinar UV.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Biokimia dan Biofisik Komunikasi Penelitian jurnal menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau mencegah jenis kanker kulit yang disebut melanoma dengan menghambat gen yang mengaktifkan peradangan.

Baca juga: Manfaat QnC Jelly Gamat

Membuat Rambut Berkilau

Seiring dengan membuat rambut Anda kuat dan sehat, teh hijau membuat rambut Anda berkilau dan penuh kehidupan. Plus, melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat polusi dan produk yang keras. Plus, tingginya tingkat panthenol dan vitamin E dan C membantu menjaga rambut Anda AC.

Mengecilkan Pori-pori

Karena zat antioksidan dan sifat-sifatnya, teh hijau dapat membantu mengecilkan pori-pori membesar yang cenderung tersumbat dan akhirnya terinfeksi dengan bakteri. Dengan demikian, itu akan membantu menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Tekstur yang sedikit kasar pada daun teh hijau kering membantu mengelupaskan kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

Pembersih Kulit Alami

Minuman yang populer ini juga bekerja sebagai toner alami untuk kulit. Ini membantu menarik keluar kotoran, mengurangi pori-pori besar dan memberikan kulit yang sehat berseri bagus . Bahkan membantu menjaga kulit Anda dehidrasi, yang penting untuk kesehatan kulit.

Artikel Terkait

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email