Penyebab hepatitis a dan jenis lainnya

Penyebab hepatitis a - Hepatitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada hati. Beberapa gejala dan tanda yang tampak pada seseorang yang menderita Hepatitis adalah:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah lelah
  • Kuning, yang biasanya dapat terlihat pada kulit atau mata
  • Kencing berwarna kecoklatan seperti teh
  • Sering didapatkan pembesaran hati dan nyeri perut kanan atas pada saat pemeriksaan fisik.

Penyebab hepatitis a dan jenis lainnya
Berdasar pada pemicunya, Hepatitis dibagi 2 type, yaitu Hepatitis non infeksi serta infeksi. Pada Hepatitis non infeksi, radang yang berlangsung pada hati disebabkan oleh pemicu yang bukanlah sumber infeksi, seperti bahan kimia, obat-obatan, serta alkohol. Hepatitis type non infeksi, termasuk juga drug induced Hepatitis, tak termasuk penyakit menular, lantaran pemicu terjadinya radang bukanlah oleh lantaran agen infeksi seperti virus, bakteri, jamur, atau mikroorganisme yang lain. 

Demikian sebaliknya, pada Hepatitis type infeksi, peradangan yang muncul pada hati disebabkan oleh mikroorganisme yang menyerang hati. Mikroorganisme khusus yang mengakibatkan Hepatitis yaitu virus Hepatitis.

Hepatitis A disebabkan oleh Hepatitis-A Virus (HAV). Virus HAV ini menular dengan cara yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan fecal-oral (fecal: kotoran,/feses, oral: mulut). Artinya penyebaran dan penularan virus ini terjadi melalui kontaminasi makanan atau air oleh virus HAV yang terdapat pada kotoran/feses penderita Hepatitis a.

Oleh karenanya, untuk menghindar penularan dari virus HAV, hal yang bisa dikerjakan yaitu melindungi kebersihan konsumsi makanan yang kita makan. Sebagian rutinitas baik yang dapat dikerjakan untuk maksud ini salah satunya yaitu dengan membiasakan membersihkan tangan memakai sabun saat sebelum makan, melindungi sanitasi makanan, dan hindari mengonsumsi makanan yang belum di ketahui kebersihan pemrosesannya (makanan yang di jual di tepi jalan, dan lain-lain). 

Diluar itu, pencegahan penyakit Hepatitis A ini dapat juga dikerjakan dengan pemberian vaksin Hepatitis A.

Dalam mengobati hepatitis a anda bisa melakukan dengan 2 cara yakni ke dokter atau secara alternatif, untuk pengobatan alternatif anda bisa membaca cara mengobati hepatitis a secara alami

Artikel Terkait

Penyebab hepatitis a dan jenis lainnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email