5 Manfaat Kunyit Yang Sangat Menakjubkan

Kunyit mungkin adalah bumbu yang paling penting di masakan India. Dan mungkin, ramuan paling kuat di planet ini. Juga disebut haldi dalam bahasa Hindi (dan pasupu di Telugu, manjal di Tamil dan Malayalam, dan arisina di Kannada), kunyit adalah salah satu ramuan yang paling banyak dipelajari dalam sains.

Secara ilmiah disebut Curcuma longa (yang merupakan nama tanaman ramuan itu berasal), ia tumbuh di India dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Akar kering tanaman Curcuma longa digiling untuk membuat bubuk kunyit.

Kunyit bubuknya berwarna kuning. Serbuk ini juga digunakan sebagai pewarna dalam masakan Asia Selatan. Daun tanaman kunyit juga menanamkan rasa yang berbeda. Daun ini digunakan untuk membungkus dan memasak makanan.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-miom-ampuh-aman-dan-sembuh-tanpa-operasi

Manfaat kunyit sebagian besar disebabkan oleh fitokimia. Senyawa dalam kunyit, yang disebut curcuminoids (seperti curcumin, demethoxycurcumin, dan bisdemethoxycurcumin), memiliki beberapa keuntungan untuk kesehatan manusia - yang akan kita bahas secara rinci di posting ini. Kunyit juga mengandung minyak atsiri yang disebut turmerone, atlantone, dan zingiberene. Konstituen lain dari kunyit adalah protein, resin, dan gula.

Sejumlah penelitian telah berbicara tentang manfaat kunyit yang luar biasa. Salah satu penelitian tersebut dipublikasikan di Academic Oxford, yang menyatakan bagaimana kunyit bisa menembus chemoresistance dan membantu pengobatan kanker pankreas. Studi lain berbicara tentang bagaimana ramuan ini dapat menunda timbulnya diabetes, mengingat sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Penelitiannya banyak sekali. Tapi intinya begini - bumbu yang Anda tambahkan ke hampir setiap hidangan yang Anda siapkan di rumah, yang sejumput kunyit, tidak boleh dianggap biasa.

https://kumparan.com/hendi-permana/cara-mengobati-glaukoma-pada-mata-secara-alami

Berikut 5 Manfaat Kunyit Yang Sangat Menakjubkan

1. Memiliki Kandungan Anti Inflamasi


Sesuai berbagai penelitian, kurkumin, senyawa poten dalam kunyit, bisa mengurangi peradangan di tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan asupan kunyit adalah dengan menambahkannya ke piring Anda saat memasak - yang mungkin sudah Anda lakukan. Anda bisa minum teh kunyit juga - cukup rebus empat gelas air dan tambahkan satu sendok teh kunyit tanah. Anda juga bisa menambahkan lemon atau madu secukupnya.

Menurut Arthritis Foundation, curcumin dalam kunyit bisa membantu pengobatan arthritis. Senyawa ini memodifikasi respons sistem kekebalan tubuh, dan ini membantu mencegah peradangan sendi.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-benjolan-di-leher-ampuh-tanpa-operasi-1504937597717

Yang lebih penting, fungsi kunyit itu aman dan alami. Tidak seperti ibuprofen atau aspirin, kurkumin dalam kunyit melawan peradangan secara alami tanpa membahayakan ginjal atau hati. Sebenarnya, beberapa tingkat peradangan diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal.

Hanya ketika tingkat peradangan ini tidak terkendali (yang, sayangnya, adalah apa yang terjadi pada kebanyakan kasus) bahwa ada masalah. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, pasien osteoarthritis menambahkan 200 mg kurkumin sehari mengalami penurunan rasa sakit dan peningkatan mobilitas. Curcumin juga mencegah pelepasan protein yang memicu pembengkakan dan rasa sakit.

Sifat anti-inflamasi kurkumin sangat kuat sehingga efektif seperti obat-obatan tertentu yang digunakan untuk kondisi ini. Efek antiinflamasi kunyit ini sangat manjur sehingga bisa membantu dalam pengobatan kanker juga. Yang lebih menarik lagi, belum ada penelitian jangka panjang sampai saat ini yang membahas dampak buruk kurkumin. Administrasi Makanan dan Obat telah menyatakan kurkumin sebagai GRAS (umumnya dianggap aman).

Kelemahan satu adalah bioavailabilitas kurkumin yang lemah - telah ditemukan bahwa konsentrasi serum senyawa ini biasanya mencapai 1 sampai 2 jam setelah asupan oral, dan secara bertahap menurun dalam waktu 12 jam. Kita sudah melihat bagaimana memperbaiki bioavailabilitas kurkumin. Cara lain bisa menggabungkan senyawa dengan piperine (senyawa yang berasal dari lada). Kunyit dengan lada hitam merupakan salah satu kombinasi yang sehat.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-asam-lambung-tinggi-paling-ampuh-dan-aman

Kunyit juga digunakan untuk mengobati masalah gastrointestinal yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar, yang disebabkan oleh peradangan. Menurut University of Maryland Medical Center, curcumin menurunkan tingkat dua enzim dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk peradangan.

Jika Anda mengonsumsi suplemen kurkumin untuk arthritis, ini adalah dosis yang direkomendasikan oleh Arthritis Foundation - 500 miligram curcumin, dua kali sehari. Tapi kami menyarankan Anda untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda pergi untuk mendapatkan suplemen.

Seperti studi lain, ekstrak yang mengandung curcuminoids jauh lebih bermanfaat dalam mengurangi radang sendi daripada ekstrak yang mengandung senyawa kunyit lainnya juga. Dan ya, kurkumin adalah satu dari sedikit kurkuminoid dalam kunyit.

https://uretaania.blogspot.com/2017/08/6-cara-mengatasi-kecemasan.html

2. Menawarkan Sifat Antioksidan Yang Sangat Baik


Kunyit diketahui mengais radikal bebas, menghambat peroksidasi, dan mengurangi kompleks zat besi - yang semuanya merupakan akibat langsung dari sifat antioksidannya. Dan bukan hanya mengunyah kunyit, tapi minyaknya pun memiliki sifat antioksidan .

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada tikus, kunyit mampu mencegah stres oksidatif akibat diabetes - karena sifat antioksidannya.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-benjolan-di-payudara-kiri-dan-kanan-ampuh

Studi lain mengungkapkan bahwa sifat antioksidan kurkumin dapat memperbaiki retensi ingatan pada manusia. Dalam studi lain, senyawa tersebut juga menghambat apoptosis (kematian sel sebagai bagian dari perkembangan organisme) - yang menghubungkan efek terhadap sifat antioksidan kurkumin.

3. Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak dan Mencegah Penyakit Neurologis


Curcumin dalam kunyit juga bisa meningkatkan regenerasi sel otak. Dan aromatik-turmeron, senyawa bioaktif lain dalam kunyit, dapat meningkatkan pertumbuhan sel induk saraf di otak hingga 80%.

Mengingat sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyah yang hebat, ramuannya juga dapat menawarkan perlindungan keseluruhan ke otak. Ini bahkan dapat mencegah akumulasi beta-amyloid, agen destruktif hadir di otak pasien Alzheimer. Dan karena pasien dengan Alzheimer cenderung memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi di otak mereka, kunyit bisa menjadi bantuan langsung.

Kurkumin juga bisa melewati sawar darah otak (penghalang membran semipermeabel yang memisahkan cairan ekstraselular di otak dari sirkulasi darah) - kemampuan yang membuatnya menjadi agen neuroprotektif yang penting.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-jerawat-batu-paling-ampuh-dan-aman

Yang lebih menarik lagi, statistik menunjukkan bahwa risiko pengembangan Alzheimer adalah 25 persen lebih rendah di India daripada di AS, mengingat penggunaan kunyit secara ekstensif pada masakan yang pertama. Tikus yang diberi makan kunyit mengembangkan lebih sedikit plak amiloid (terkait dengan Alzheimer) daripada tikus yang tidak. Anda bisa menambahkan kunyit ke sembarang hidangan kari atau salad Anda. Taburkan sedikit kunyit di sup Anda juga bisa menimbulkan keajaiban.

Dan inilah studi menakjubkan lainnya - para ilmuwan telah menemukan bahwa kunyit mungkin mencegah ingatan ketakutan baru agar tidak tersimpan di otak. Kurkumin dalam kunyit juga bisa menghilangkan kenangan ketakutan yang sudah ada sebelumnya, membuka jalan bagi pilihan pengobatan yang inovatif untuk kondisi psikologis seperti gangguan stres pasca-trauma. Seperti per peneliti, sifat anti-inflamasi kurkumin bisa menjadi alasan di balik ini.

https://uretaania.blogspot.com/2017/07/cara-mengobati-dilep-saat-nyeri-haid.html

Satu studi di Meksiko telah membuktikan bahwa kurkumin mengembalikan tingkat faktor neurotropika yang diturunkan otak pada pasien diabetes dan obesitas. Faktor neurotropika yang diturunkan otak, atau BDNF, adalah protein vital pada manusia yang berkontribusi terhadap kelangsungan dan fungsi sel saraf.

Kurkumin juga mencegah neurotoksisitas yang disebabkan oleh logam seperti timbal atau kadmium. Senyawa ini juga menunda degradasi neuron pada pasien Alzheimer. Sejumlah penelitian tikus lain menunjukkan bahwa kunyit tidak hanya membantu membalikkan gejala Alzheimer tetapi juga menurunkan risiko penyakit neurodegenerative.

Kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu dalam pengobatan depresi, tardive dyskinesia (gangguan gerakan sukarela), dan neuropati diabetik. Pada penelitian hewan lainnya, kurkumin juga menunjukkan efek menguntungkan terhadap stres kronis.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-dilep-saat-haid-yang-ampuh-dan-efektif

Senyawa tersebut telah terbukti bermanfaat bagi pasien dengan multiple sclerosis, suatu penyakit yang mempengaruhi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Kurkumin mencapai ini dengan mengatur sitokin inflamasi. Multiple sclerosis juga melibatkan pemecahan penghalang darah-otak dan serangan autoimun - dan sesuai studi, pendekatan neuroprotektif (seperti asupan kunyit) bekerja lebih baik sebelum inisiasi kerusakan.

4. Mencegah Penyakit Jantung


Sifat antioksidan kunyit diketahui menawarkan perlindungan jantung, terutama pada kasus diabetes. Kurkumin dalam kunyit juga membantu mengurangi kadar kolesterol serum, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit digunakan untuk mengobati nyeri dada pada pengobatan India dan Cina kuno. Dalam kasus obesitas lainnya, ramuan tersebut telah mengurangi konsentrasi kolesterol - dan yang lebih penting lagi, telah meningkatkan kadar kolesterol baik. Curcumin juga menunjukkan untuk mencegah berbagai gangguan jantung, yang paling menonjol adalah infark miokard (penyumbatan suplai darah ke jaringan di jantung).

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-abses-paru

Sesuai laporan oleh Michigan State University, kurkumin juga bisa mencegah penyumbatan arteri. Studi lain menyebutkan manfaat bubuk kari, dengan kunyit menjadi salah satu bahan utamanya. Kita sering mengalami lonjakan kadar gula darah kita pasca makan. Gairah gula mendadak ini bisa menyebabkan terbentuknya plak di arteri, yang akhirnya menyebabkan serangan jantung. Serbuk kari dengan kunyit sebagai salah satu bahan bisa meningkatkan aliran darah individu, mencegah bahaya.

5. Mencegah Kanker


Curcumin telah menunjukkan sifat antikanker dalam berbagai penelitian. Faktanya, negara yang mengkonsumsi sekitar 100 sampai 200 miligram kunyit setiap hari ternyata memiliki tingkat kanker yang lebih rendah. Pada beberapa pasien kanker yang diberi kunyit, tumornya telah menyusut. Di beberapa lainnya, bahan kimia dari sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan sel kanker menjadi lebih terkonsentrasi.

Penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan bahkan membuat kemoterapi lebih efektif. Ini juga melindungi sel sehat dari kerusakan akibat radiasi. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-tumor-payudara-tradisional-ampuh-aman-dan-legal

Kurkumin juga ditemukan untuk menekan inisiasi, perkembangan, dan metastasis dari berbagai jenis tumor. Curcumin juga menggunakan banyak mekanisme untuk membunuh sel kanker karena sel-sel itu mungkin tidak mengembangkan resistensi apapun terhadap senyawa tersebut.

Penelitian lain telah membuktikan bahwa kurkumin dapat ditoleransi dengan baik bahkan pada dosis yang lebih tinggi. Hal ini diketahui menawarkan perlindungan terhadap kanker otak, payudara, tulang, dan sistem pencernaan.

Dalam sebuah penelitian di China, kurkumin terbukti efektif dalam pengobatan kanker payudara. Senyawa ini juga ditemukan untuk melindungi terhadap kanker kolorektal dalam penelitian lain. Ini mencapai hal ini dengan meningkatkan kepekaan sel kanker terhadap kemoterapi, yang membuka jalan untuk eliminasi halus mereka.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-mata-pterigium-tanpa-operasi-1505264267130

Kurkumin juga bisa bekerja di mulut pasien yang menderita kanker leher dan kepala dan mengurangi pertumbuhan kanker. Juga ditemukan bahwa kurkumin berikatan dengan enzim yang diberi nama IKK, dan mencegah fungsinya (enzim tersebut mendorong pertumbuhan kanker).

Curcumin memiliki potensi yang luar biasa, berbicara dari perspektif penyembuhan kanker. Satu metabolit dalam kurkumin, yang dapat tersedia dalam jumlah yang sangat rendah di dalam darah yang dikonsumsi, masih dapat memiliki efek anti-metastatik yang luar biasa. Kurkumin juga bisa mencegah kanker prostat.

Yang lebih menarik lagi adalah bahwa kurkumin juga mengaktifkan protein tertentu dalam tubuh yang menekan tumor. Bahkan bisa membedakan gen yang sehat dari gen yang sakit, dan cukup memukau, dapat mengubah ekspresi gen yang sakit. Ini berarti bahwa kurkumin dapat mengubah DNA, mengubah jalannya gen, dan benar-benar mengubah kesehatan sel.

https://kumparan.com/hendi-permana/cara-mengobati-asam-urat-secara-alami-dan-cepat

Penelitian lain di China menemukan bahwa kurkumin dapat menghambat fibroblas terkait kanker (jaringan ikat yang menghasilkan kolagen dan serat lainnya) - yang dapat menyebabkan kanker prostat. Senyawa ini juga mencegah metastase kanker prostat. Ini membuat sel tumor mensintesis lebih sedikit sitokin, yang meningkatkan metastasis. Hal ini menyebabkan berkurangnya frekuensi pembentukan metastasis.

Meski belum teruji secara klinis, kurkumin juga menunjukkan janji besar dalam mengobati melanoma (atau kanker kulit). Dalam studi, telah menghentikan strain melanoma laboratorium dan memprovokasi sel kanker untuk melakukan bunuh diri.

Kunyit juga telah ditemukan untuk melindungi DNA dari polutan eksterior yang dapat menyebabkan leukemia. Padahal, bumbu tersebut juga bisa mengurangi risiko leukemia masa kanak-kanak dengan cara memotong efek beberapa faktor risiko.

https://kumparan.com/hendi-permana/obat-herbal-batu-ginjal-tanpa-operasi-terbukti-ampuh-1505276286414

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Kunyit Yang Sangat Menakjubkan"

Posting Komentar