Risiko Kekurangan Vitamin B Terhadap Syaraf

Apakah Anda kerap terasa nyeri, baal, kram, kaku-kaku, mati rasa, kesemutan, sampai anggota gerak melemah? Jika ya, hati-hati pada kesehatan saraf kita. 

Lantaran tidak tutup kemungkinan kita alami neuropati. Yakni keadaan masalah serta rusaknya saraf yang dikarenakan oleh trauma pada saraf atau lantaran dampak samping dari penyakit systemik. 

 " Dengan cara umum, neuropati kerapkali tak diakui juga sebagai penyakit, cuma di lihat sebagi keadaan
Risiko Kekurangan Vitamin B Terhadap Syaraf
biasanya. Padahal jikalau dilewatkan, neuropati dapat mengganggu kesibukan penderitanya, " terang dr. Manfaluthy Hakim, Sp. S (K), Ketua Grup Studi Neurofisiologis serta Saraf Pinggir Perdossi (Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia).

Neuropati bisa terkena siapa saja, baik tua ataupun muda. Apalagi untuk beberapa orang yang berumur 40 th. ke atas. Tetapi tidak cuma umur tua, dr. Luthy, panggilan akrab Manfaluthy Hakim, mengatakan orang yang memiliki resiko menanggung derita neuropati yaitu punyai diabetes, kisah keluarga dengan neuropati, hipertensi, merokok, konsumsi alkohol, menanggung derita penyakit pembuluh darah, kanker, terpapar bahan kimia, terinfeksi penyakit khusus, serta konsumsi obat-obatan yang mengakibatkan neuropati. 

 " Rokok memengaruhi segera system saraf dengan cara perlahan-lahan, hingga manfaat saraf bakal terganggu serta bakal muncul plak-plak di pembuluh darah. Jadi pembuluh darah halus yang bertugas memberi nutrisi pada system saraf pinggir bakal alami masalah serta kekurangan kekurangan nutrisi, " terang dr. Luthy. 

Tanda-tanda seperti yang dicontohkan diatas juga mesti diwaspadai, dan tanda-tanda kulit hipersensitif, kulit mengilap tak lumrah, rambut rontok pada ruang khusus, kekurangan badan atau anggota gerak, sampai atrofi otot atau otot mengecil.

"Gangguan hantaran saraf yang paling ringan, adalah kesemutan. Jika kesemutan yang ditimbulan oleh gangguan saraf timbul secara spontan, misal bersila atau jongkok, segeralah memperbaiki posisi duduk, lalu kondisi tangan atau kaki akan kembali normal lagi," kata Luthy sembari menambahkan bahwa seringnya menggunakan mouse kecil, mengetik di komputer atau tablet, dan BBM memiliki resiko gangguan saraf.

Jenis-jenis neuropati

1. Neuropati karena penuaan
Semakin bertambah usia seseorang, cenderung mengalami lebih banyak gangguan saraf. Lebih dari 26 persen orang berusia 40 tahun mengalami neuropati.
2. Neuropati karena diabetes
Semua pasien diabetes beresiko menderita neuropati diabetikum, bahkan lebih dari 50 persen pasien diabetes mengalaminya.
3. Neuropati karena defisiensi vitamin
Neuropati karena kekurangan asupan vitamin neurotropik, malnutrisi, maupun penggunaan obat-obatan jangka panjang (misal obat TB).

Untuk masalah pengobatan sistem syaraf bisa dengan obat herbal ace maxs, untuk infonya bisa di lihat di ace maxs asli

Artikel Terkait

Risiko Kekurangan Vitamin B Terhadap Syaraf
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email