Bahaya hepatitis b pada ibu hamil

Bahaya hepatitis b pada ibu hamil - Sedikit yang tahu, bahwa virus hepatitis dapat lebih beresiko daripada virus HIV. Pasalnya, virus hepatitis B bisa menginfeksi 50 hingga 100 kali semakin besar dari pada HIV. Dari 7 tipe virus hepatitis, yakni hepatitis A, B, C, D, E, F, serta G, virus hepatitis B serta C merupakan tipe virus yang paling beresiko, karena bisa berkembang jadi kanker hati.

Hepatitis B yaitu infeksi menular yang menyerang hati (liver) yang dikarenakan oleh virus HBV. Virus ini cuma bisa menular lewat kontak darah atau cairan badan yang lain dengan orang yang terinfeksi, seperti : transfusi darah, pemakaian jarum suntik terutama untuk pemakai narkoba suntik, kontak seksual, pemakaian peralatan makan yang sama juga dengan orang yang terinfeksi, sistem kelahiran serta kehamilan dari ibu yang terinfeksi, dsb. 

Demikian sebaliknya, virus ini tak dapat menular lewat sentuhan atau kontak umum, serta tak menular dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh virus hepatitis b.

Gejala-gejala. Jika tubuh kita terinfeksi HBV, ada beberapa gejala yang menandainya, yaitu:

  • Warna kulit menjadi lebih kuning (jaundice/sakit kuning)
  • Warna urine menjadi lebih gelap
  • Mudah lelah atau seringkali merasa lelah yang teramat sangat
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit di bagian perut.


Bahaya hepatitis b pada ibu hamil
Butuh waktu berbulan-bulan, bahkan setahun untuk bisa sembuh dari gejala-gejala itu. Dan jika tidak segera ditangani, HBV bisa menyebabkan infeksi hati yang kronis, yang kemudian dapat berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati. Jika sudah pada tahap sirosis, dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. 

Bahaya hepatitis b pada anak. Kapan infeksi virus hepatitis B jadi gawat bergantung pada umur berapakah seorang terinfeksi. Jika seorang terinfeksi disaat saat kanak-kanak, jadi dapat lebih kemungkinan besar infeksi itu berkembang jadi infeksi yang lebih gawat. 

Sekitar 90 % bayi yang terinfeksi virus ini pada th. pertama, dapat berkembang jadi infeksi gawat. Sesaat pada anak-anak yang terinfeksi pada umur pada satu hingga empat th., seputar 30 hingga 50 prosentasenya dapat berkembang jadi infeksi gawat. Serta seputar 25 % orang dewasa wafat lantaran kanker hati, di mana ia terinfeksi HBV mulai sejak saat kanak-kanaknya. Namun, seputar 90 % orang dewasa sehat yang baru terinfeksi HBV bisa sembuh serta virus dapat hilang dalam periode waktu enam bln.

Hepatitis yang paling berbahaya bagi ibu hamil sebenarnya hanyalah hepatitis E. Resiko tertingginya ketika ibu hamil terkena virus hepatitis E adalah kematian maternal (dengan kata lain keguguran). Sedangkan untuk wanita hamil yang terkena hepatitis A, B, C, dan D tidak terlalu berbahaya. Asalkan di barengi dengan gizi yang cukup dan perawatan medis yang memadai (Baca : Nutrisi ibu hamil).

Untuk pengobatan semua penyakit hepatitis, kami sarankan anda untuk mengkonsumsi obat herbal yang tentu jauh lebih aman dan tidak menimbulkan efeksamping, salah satu obat herbal yang bagus untuk mengobati virus hepatitis adalah produk dari green world, klik ganoderma plus capsule

Artikel Terkait

Bahaya hepatitis b pada ibu hamil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email