Alasan penderita asam urat tidak boleh makan melinjo

Alasan penderita asam urat tidak boleh makan melinjo - Selama ini banyak informasi yang tersebar di lingkungan masyarakat terkait jenis makanan yang boleh dan tak boleh dimakan oleh pasien asam urat, salah satunya adalah emping atau melinjo. Seperti apa faktanya?

"Untuk penderita asam urat tidak dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi lemak dan menghasilkan banyak purin. Kebetulan melinjo (dan emping) mengandung cukup banyak lemak sehingga tidak dianjurkan," ujar Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, kepada detikHealth dan ditulis pada Kamis (19/6/2014).


Menurut Victoria, pasien dengan asam urat tinggi juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa asupan lain seperti daging merah, produk susu full cream, daging prosesan (sosis dan nugget) dan hasil fermentasi (bir, tapi, tempe, ragi).

Untuk tetap memenuhi zat gizi tanpa meningkatkan asam urat, Victoria menyarankan Anda untuk memilih produk makanan tertentu. Untuk produk susu, konsumsilah produk susu non-fat atau tanpa lemak.

"Biasanya untuk asam urat saya sarankan untuk mengonsumsi 2 suplemen: omega 3 atau minyak ikan (pelumas sendi) dan glucosamine-condroitin untuk peremajaan sendi. Banyak olahraga berenang untuk melemaskan sendi," pesan ahli gizi peraih gelar Master of Nutrition and Dietetics dari University of Sydney, Australia, ini.

Jangan lupa untuk banyak minum air putih, mengapa? Air putih adalah solusi terbaik untuk segala permasalahan fungsi tubuh. Saat meminum air putih, asam urat akan disiram dari ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Jadi, jangan lupa untuk minum sedikit air putih secara teratur agar kadar asam urat turun.

Asam urat diproduksi ketika tubuh mengolah purin dari makanan. Asam urat kemudian akan masuk ke dalam aliran darah dan melewati ginjal. Normalmya asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, ada kalanya asam urat tetap berada dalam tubuh, menumpuk dan terus menumpuk.

Bahaya muncul ketika di dalam tubuh tertimbun terlalu banyak asam urat. Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang pada puncaknya dapat mengakibatkan gout alias peradangan sendi. Peradangan sendi itu bersifat menahun dan apabila sudah beberapa kali menyerang, sendi bisa menjadi bengkok.


Nah bagi anda yang selama ini mempunyai penyakit asam urat yang menyebabkan nyeri sendi, sakit tulang dll bisa mengkonsumsi obat asam urat triflex capsule dari green world. Kami sendiri sudah membahas khasiat dan manfaat dari obat triflex capsule ini silahkan lihat infonya di obat nyeri sendi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan penderita asam urat tidak boleh makan melinjo"

Posting Komentar