Kandungan dan manfaat buah belimbing

Kandungan dan manfaat buah belimbing untuk kesehatan - Belimbing (Averrhoa carambola) adalah buah-buahan tropis yang dipercaya datang dari Maluku, Indonesia, atau Sri Lanka. Belimbing di kenal bakal memiliki bentuk yang unik, mirip bintang bila dipotong, dan rasa-rasanya yang condong asam beri kesegaran serta sedikit manis. 

Kandungan dan manfaat buah belimbing


Kandungan dan manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Biasanya, belimbing dikonsumsi sebagai buah fresh dengan gula atau garam. Tetapi belimbing bisa pula dimasak sebagai sayuran, acar, dikeringkan, jadikan selai ataupun juice. Di Indonesia sendiri, buah ini kerap jadikan sebagai obat-obatan tradisional. Hal semacam ini karena belimbing mengandung vitamin serta nutrisi yang berguna untuk kesehatan.

Vitamin yang paling menonjol dari belimbing yaitu vitamin C, yang jumlahnya meraih 45 sampai 57% keperluan /hari. Diluar itu, ada beberapa kecil vitamin A, E, dan B kompleks seperti folat, niacin, piridoksin, riboflavin, serta tiamin di dalamnya. Buah yang dikatakan sebagai starfruit di negara Barat ini dapat adalah sumber mineral seperti fosfor, seng, besi, magnesium, kalsium, dan potasium. 

kandungan belimbingBelimbing juga mempunyai serat pangan yang cukup besar, sekitaran 7% dari keperluan harian dibagian kulitnya. Kandungan kalori belimbing termasuk juga rendah, cuma sebesar 31 kalori per 100 g buah fresh. Belimbing dilengkapi dengan fitonutrien polifenol seperti quercetin, epikatekin, serta asam galat. 

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing berfungsi membantu tubuh melawan kuman penyebab penyakit dan infeksi umum. Vitamin C juga termasuk antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas bersama dengan antioksidan dan flavonoid lain seperti quercetin, epikatekin, dan asam galat. Total kandungan polifenol ini mencapai 143 mg/100.

Menurunkan risiko kanker usus besar
Belimbing kaya akan serat yang membantu melindungi membran mukosa pada usus besar dari paparan substansi beracun. Serat ini akan mengikat senyawa kimia penyebab kanker dan mengeluarkannya dari tubuh. Belimbing juga memiliki zat tembaga yang menambah kelembaban feses dan memperlancar pengeluarannya.

Meredakan peradangan
Polifenol pada belimbing juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Belimbing sendiri sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam, batuk, bisul perut, dan sariawan. Belimbing juga digunakan di beberapa negara untuk mengobati peradangan pada kulit akibat terbakar sinar matahari serta meredakan rasa mual.

Nah itulah info tentang kandungan dan manfaat buah belimbing untuk kesehatan yang bisa kami bagikan kepada anda semua, bagi anda yang ingin mempunyai mata sehat dan menghilangkan berbagai keluhan pada mata kami sarankan untuk mengkonsumsi obat mata eye care softgel

Artikel Terkait

Kandungan dan manfaat buah belimbing
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email