Kandungan dan manfaat buah duku palembang

Kandungan dan manfaat buah duku palembang - Duku (Lansium domesticum Corr) adalah tanaman buah berbentuk pohon yang datang dari Indonesia. Tetapi ada yang mengatakan, duku datang dari Asia Tenggara sisi Barat serta Semenanjung Thailand di samping Barat.


Kandungan dan manfaat buah duku palembang


Kandungan dan manfaat buah duku palembang

Duku juga dikenal dengan nama lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring, dan lain-lain. Di Thailand, duku dimaksud dengan nama Longkong. di Vietnam dimaksud lòn bon atau bòn bon. Di Srilanka di beri julukan Gadu Guda, sesaat di Burma panggilannya sama juga dengan di Indonesia yakni Duku. Di Inggris duku di beri julukan langsat. 

Duku yang populer di Indonesia lantaran rasa-rasanya yang manis yaitu yang datang dari Sumatera Selatan (Palembang). Di samping duku Palembang, beragam daerah juga membuahkan dukunya semasing, sebut saja duku Condet dari Jakarta, lantas duku Papongan dari Tegal ; duku Kalikajar dari Purbalingga ; duku Karangkajen serta duku Klaten dari Yogyakarta ; duku Matesih dari Karanganyar, duku Woro dari Rembang ; duku Sumber dari Kudus ; serta duku Padang Batung dari Kalimantan. 

Pohon duku bisa tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini termasuk juga type pohon buah musiman yang cuma berbuah satu tahun sekali. Umumnya bunga bakal bermunculan dimuka musim hujan serta siap dipanen enam bln. selanjutnya. Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah serta citarasanya begitu asam. Bersamaan matangnya buah, kulit bakal beralih kekuningan serta daging buah bakal berasa manis. 

Kandungan dalam buah Duku 

Buah duku, diantaranya mengandung dietary fiber atau serat yang begitu berguna untuk membuat lancar system pencernaan, menghindar kanker kolon serta bersihkan badan dari radikal bebas penyebabnya kanker, sesaat kandungan fosfor yang ada pada buah duku bisa memperkuat gigi. 

Tiap-tiap 100 gr buah duku terdapat kalori 70 kal, protein 1. 0 g, lemak 0. 2 g, karbohidrat 13 g, mineral 0. 7 g, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg serta zat besi 0. 9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral serta zat besi duku satu tingkat lebih tinggi dibanding dengan buah apel atau jeruk manis. 

Manfaat Duku Palembang

Terkecuali daging buah yang fresh menyehatkan, sisi kulit buah serta bijinya berguna juga untuk bahan baku obat anti diare serta turunkan demam. Kulit kayunya juga kerap dipakai orang untuk menyembuhkan gigitan serangga berbisa serta obat disentri. Beberapa orang juga yakin, benalu pohon duku bisa menghalangi serta membasmi beberapa sel kanker. 

Kandungan lain yang berguna yaitu dietary fiber atau serat. Satu diantara zat yang berguna untuk membuat lancar system pencernaan, menghindar kanker kolon serta bersihkan badan dari radikal bebas penyebabnya kanker. 

Sesaat tepung kulit kayu ini jadikan tapal untuk menyembuhkan gigitan kalajengking. Kulit buahnya juga dipakai sebagai obat diare, serta kulit buah yang dikeringkan, di Filipina umum dibakar sebagai pengusir nyamuk. Kulit buah langsat terlebih, dikeringkan serta di proses untuk digabungkan dalam setanggi atau dupa. 

Perasan biji duku juga mempunyai manfaat obat, terlebih untuk orang-orang Malaysia umum memakai untuk obat sakit kepala. Batang kayunya begitu kuat serta dipakai sebagai bahan bikin kotak atau perkakas. Sedang pohon duku yang berdaun rindang ini dapat berperan membuat perlindungan tanah tererosi air hujan dan membuahkan humus. Beberapa orang juga yakin, benalu pohon duku bisa menghalangi serta membasmi beberapa sel kanker.

Itulah info Kandungan dan manfaat buah duku palembang yang bisa kami berikan kepada anda semua, bagi anda yang sekarang sedang membutuhkan obat maag kami sarankan untuk segera mengkonsumsi gastric health tablet

Artikel Terkait

Kandungan dan manfaat buah duku palembang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email